JAKARTA – Satun Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) mencatat realisasi LNG yang diproduksi oleh dua kilang LNG utama di tanah air mencapai 138,5 kargo hingg September atau kuartal III tahun 2022. Dari realisasi tersebut sebanyak 57,3 kargo diproduksi dari kilang Bontang.

“Sisanya sebanyak 81,2 kargo diproduksi oleh kilang Tangguh,” kata Arief Setiawan Handoko, Deputi Monetisasi dan Keuangan SKK Migas ditemui di kantor SKK Migas awal pekan ini.

Lebih lanjut Arief menjelaskan proyeksi produksi LNG hingga akhir tahun ini diperkirakan mencapai 199,4 kargo LNG. “Bontang 82,3 kargo dan Tangguh 117,1 kargo. Jadi sampai akhir tahun hampir 200 kargo” ungkap Arief.

Sementara berdasarkan data SKK Migas hingga September lalu LNG yang diekspor mencapai 98,8 kargo. Secara total hingga akhir tahun ini LNG yang diekspor mencapai 144,4 kargo sehingga ada Sepanjang bulan Oktober hingga Desember ini akan ada ekspor 45,6 kargo LNG.

Sementara untuk penggunaan domestik hingga September ada 39,7 kargo LNG. Diproyeksikan sepanjang bulan Oktober hingga akhir tahun nanti jumlah LNG yang dipasok untuk dalam negeri sebesar 15,3 kargo sehingga total tahun ini penggunaan LNG untuk domestik sebesar 55 kargo….Read More

Share