Subholding Upstream Pertamina Regional Jawa mencanangkan pengeboran 2 (dua) sumur eksplorasi yaitu sumur GQX-1 di offshore Laut Jawa dan sumur Bajakah (BJK) – 001 di onshore Jawa Barat bagian Utara guna menunjang upaya penemuan cadangan baru. Melalui pengeboran Sumur GQX-1 di wilayah kerja Zona 5, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah berhasil dikonfirmasi adanya cadangan minyak dan gas.

Sumur eksplorasi GQX-1 ditajak pada tanggal 30 April 2022 dan telah dinyatakan selesai (Rig released) pada tanggal 23 Juni 2022, dengan kedalaman akhir mencapai 2958 feet Measured Depth (ftMD). Titik sumur berada kurang lebih 17 km dari fasilitas produksi aktif Lapangan MMJ.

Direktur Regional Jawa Wisnu Hindadari, menjelaskan dari sumur GQX-1 berhasil ditemukan kandungan minyak dan gas pada reservoir shallow marine sandstone Formasi Main pada saat Uji Kandungan Lapisan dilakukan. “Dari Uji Kandungan Lapisan pertama (DST#1) pada 29 Mei 2022 dan dilanjutkan DST#2, sumur GQX-1 menghasilkan 3,34 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan minyak 42 barel perhari (BOPD),” terang Wisnu….Read More

Share